WELCOME TO MY BLOG AND HOPE YOU ENJOY THIS SITE

Quote

Selasa, 21 Januari 2014

Contoh Resensi Buku



MERESENSI BUKU PELAJARAN KELAS IX

 

Judul Buku            : Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta untuk SMP dan MTS Kelas IX
Penyusun               : Ni Ketut Seni Ariati
Editor                    : Ani Mardhiani, Nina Agustina, Sri Purnayenti
Penata Letak           : Asep Sobar
Desainer Sampul      : Teja Sukmana Rais
Ilustrator                 : Mulyadi
Penerbit                  : PT Dian Rakyat, Jakarta, 2010
Tebal Buku              : viii + 136 halaman
Dimensi                   : 16,8 x 25 x 0,7 cm

          Buku ini ditulis oleh Ni Ketut Seni Ariati. Ia adalah Ketua MGMP PLKJ Jakarta Timur dan Guru mata pelajaran PLKJ di SMPN 49 Jakarta Timur. Ia telah lulus dari SMKI Denpasar tahun 1984 dan telah lulus dari IMNI jurusan Managemen Pendidikan pada tahun 2009. Ia mendapat gelar S.Pd dalam bidang administrasi pendidikan setelah lulus dari IKIP pada tahun 1998.

          Buku Pendidikan Lingkungan dan Kehidupan Jakarta ini merupakan buku muatan lokal yang mana beorientasi pada kebutuhan di DKI Jakarta. Buku ini disusun khusus agar dapat meningkatkan serta menumbuhkan rasa tanggung jawab, solidaritas dan kerukunan antar kehidupan bermasyarakat, kepedulian akan lingkungan alam serta berbagai pemahaman luas mengenai kehidupan di Jakarta.

          Buku ini memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh buku pelajaran lain.  Ciri khusus buku ini adalah adanya aktivitas awal di setiap bab yang akan menguji kemampuan siswa, berbagai aktivitas dalam bentuk diskusi, jelajah internet, studi lapangan, analisis dan observasi, serta terdapat informasi menarik yang berjudul “Tahukah Kamu?” dan “Jendela Ilmu”. Tentunya, semua aktivitas ini akan memicu para siswa untuk belajar lebih giat, meningkatkan kreativitas dan pengetahuan siswa, mengembangkan rasa solidaritas dalam kehidupan bermasyarakat, serta membangun karakter diri dan pola pikir siswa. Buku ini juga dilengkapi dengan rangkuman dan soal-soal di setiap bab  serta daftar istilah yang akan memperkaya pengetahuan siswa.

Pada bab pertama, berisi tentang Penanggulangan  Bencana Banjir. Materi bab ini meliputi penyebab terjadinya banjir, daerah rawan banjir, akibat banjir, serta pencegahan dan penanggulangan bahaya banjir (hal. 1-11). Diakhir bab ini terdapat Evaluasi Akhir Bab 1.
Bab kedua berisi tentang Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Materi bab ini meliputi penyebab terjadinya kebakaran, berbagai akibat yang ditimbulkan kebakaran, serta pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran (hal. 15-27). Pada bab ini, materi yang disampaikan sangat lugas, terperinci, dan juga dilengkapi dengan informasi mengenai Dinas Pemadam Kebakaran. Diakhir bab terdapat Evaluasi Akhir bab 2.
Bab ketiga berisi tentang Larangan Merokok dan Penyalahgunaan Zat Berbahaya (hal. 31-49). Materi pokoknya meliputi Rokok dan Zat Berbahaya. Materi mengenai rokok seperti zat berbahaya dalam rokok, pengaruh rokok bagi kesehatan, dan peraturan pemerintah tentang larangan merokok. Sedangkan materi mengenai zat berbahaya seperti jenis-jenis zat berbahaya, akibat penyalahgunaan zat berbahaya, cara menghindari penggunaan zat berbahaya, fakta medik dan fakta legal zat berbahaya, serta peraturan pemerintah tentang larangan penggunaan zat berbahaya. Materi dalam bab ini sangat rinci dan dilengkapi dengan cerita dan informasi menarik seputar bahaya rokok dan penggunaan zat berbahaya. Diakhir bab terdapat Evaluasi Akhir Bab 3.

Bab keempat berisi tentang Keselamatan dan Keamanan Diri (hal. 53-61). Materinya yaitu mengenal keselamatan dan keamanan diri, tindak pidana terhadap perilaku pelajar yang menyimpang, serta bagaimana cara menjaga keselamatan dan keamanan mental spiritual. Materi ini disampaikan secara interaktif dan sangat berguna bagi kehidupan para remaja. Diakhir bab ini terdapat Evaluasi Akhir Bab 4 disertai pula oleh Evaluasi Akhir Semester 1 dan Ulangan Umum Semester 1.
Bab kelima berisi tentang Kependudukan di DKI Jakarta (hal. 71-83). Materinya seputar peningkatan penduduk di DKI Jakarta, urbanisasi yang ditinjau dari pengertian, dampak, dan cara mencegahnya, serta pentingnya administrasi kependudukan seperti KTP. Diakhir bab ini terdapat Evaluasi Akhir Bab 5.
Bab keenam berisi tentang Tata Ruang Kota DKI Jakarta (hal. 87-103). Materinya meliputi rencana umum tata ruang kota DKI Jakarta, keterangan rencana tata letak bangunan, pengawasan pembangunan kota, serta Izin Penggunaan Bangunan (IPB). Materi ini menyinggung soal penataan lingkungan di Jakarta. Diakhir bab terdapat Evaluasi Akhir Bab 6.
Bab ketujuh berisi tentang Rumah Susun di DKI Jakarta (hal. 107-121). Materi pada bab ini membahas tentang pengenalan rumah susun kepada siswa, pentingnya rumah susun di DKI Jakarta, tujuan pembangunan rumah susun, ciri khas kelengkapan rumah susuh, pengertian pemilik dan penghuni rumah susun, tugas pokok pengelola, penghimpun dan penghuni rumah susun, bagaimana cara mewujudkan keamanan, kebersihan, dan keakraban di rumah susun, serta bagaimana cara menjaga ketertiban dan keindahan di rumah susun. Diakhir bab ini terdapat Evaluasi Akhir Bab 7 diikuti dengan Ulangan Akhir Semester 2 dan Ulangan Umum Semester 2.
Materi-materi di dalam buku ini disajikan secara lengkap dan terperinci dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, sehingga mudah dimengerti oleh siswa. Tata letak tulisan setiap halaman ditata secara rapi serta diselingi oleh gambar-gambar ilustrasi yang menarik dan sesuai konteks. Dengan begitu, siswa tidak akan bosan saat membacanya dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Namun, gaya tulisan/huruf yang digunakan dalam buku ini sedikit membuat pembaca tidak nyaman karena jenis tulisan tersebut cenderung bulat dan kecil-kecil. Akan tetapi, secara keseluruhan buku ini sangat dianjurkan bagi para guru ataupun murid untuk menunjang pembelajaran PLKJ di sekolah.

1 komentar:

  1. salam Kenal, kalau boleh tahu, dulu beli buku ini dimana ya? saya lg butuh banget

    BalasHapus