WELCOME TO MY BLOG AND HOPE YOU ENJOY THIS SITE

Quote

Selasa, 12 Maret 2013

FOTOGRAFI - Cara Membuat Efek Blur Pada Kamera FujiFilm





Bagaimana tanggapan anda terhadap foto diatas? Itu asli saya yang foto. Saya menggunakan Kamera FujiFilm Finepix HS25EXR. Kalau di gambar pertama, tentu saja ada efek blur nya. Cara membuat efek tersebut pada Kamera SLR FujiFilm ini tentu saja mudah jika kita mempelajarinya. Saya pada awalnya juga ‘agak’ frustasi. Yang terpikir di benak saya “kok ini enggak ada blur nya?”. Ternyata cara pemotretan saya yang salah.

Untuk membuat efek blur ini, biasanya kita harus memainkan “zoom” pada kamera. Tentu saja manual zoomnya. Akan tetapi, seringkali dijumpai kalau kita men-zoom terlalu jauh, ada tulisan AF! Berwarna merah. Itu artinya, kamera tidak menemukan focus. Sebaiknya kita kurangi saja zoomnya. Lalu klik setengah pada tombol untuk memotret. Disitu kamera akan berupaya memfokuskan lensa pada objek yang kita maksud. Setelah didapatkan focus pada objek yang kita inginkan, langsung saja kita klik tombol untuk memotret. Biasanya kalau kita pandai pandai memainkan zoom, hasil yang didapatkan jauh lebih optimal dan tentu saja ada efek blurnya.

Nah, kalau pada gambar yang kedua, saya juga menggunakan efek blur dan tentu saja cara mendapatkan blur nya sudah saya jelaskan tadi. Tetapi, disini saya menambahkan ornamen baru, yaitu embun air hujan. Kalau menurut saya, dengan tambahan ornamen ornamen baru akan membuat foto jauh lebih menarik. Otomatisnya, apabila focus kita beralih dari embun air tersebut, maka embun  air tersebut akan terkena efek blurnya. Voila! Ini yang membuat ornamen air itu menarik sekali. Sebab hasil pengeblurannya akan terlihat  seperti menggunakan lampu lampu kecil. Unik bukan? Pasti kebanyakan orang berfikir bahwa itu menggunakan lampu lampu kecil. Anda dapat menambahkan ornamen ornamen alam yang lain agar menambah kesan naturalnya. Jangan berputus asa, teruslah mencoba agar mendapatkan hasil yang terbaik. Saya juga masih dalam tahap belajar. Semoga informasi  yang saya berikan tadi bermanfaat. Adios!

35 komentar:

  1. ribet ga si klo pake fujiilm hs25exr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak sulit kok pake fujifilm hs25exr. Malah tergolong jauh lebih praktis dan mudah dalam penggunaannya kalau dibandingkan sama DSLR. Asal mau belajar pasti bisa... hehehe

      Hapus
    2. Aku coba cara sampean kok kagak bisa ya... tolong dong terangin secara rinci. Pusing aku pake fujifilm finepix hs25exr

      Hapus
  2. bisa d rinciin ga cara membut fto ngblur pake fujifil hs25exr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, untuk saat ini saya belum bisa memberikannya lebih lanjut. Tapi akan saya usahakan. Kunci dari efek blur pada kamera fujifilm yaitu adalah permainan pada zoom. Semakin anda mahir memainkan zoom (fokus), anda akan mendapatkan hasil maksimal. Coba untuk memotret objek berjumlah 1 atau 2. Selamat mencoba...

      Hapus
  3. kalo camera fujifilm itu bisa ditambahin effect lain gak sih? kayak cmera canon gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah menggunakan canon, jadi saya belum tahu fitur fitur yang ada di dalamnya. Berbicara effect, di fujifilm ada banyak sekali mode untuk pemotretan. Seperti pada saat malam, pada saat di pantai, memotret hewan, memotret kembang api, bunga, pemotretan olahraga, dan sebagainya.Fitur fitur ini tergolong sangat praktis sekali ! InsyaAllah, akan saya usahakan untuk mempostingnya...Terima kasih

      Hapus
  4. itu ngambil gambar nya kira2 jarak brpa meter bar bisa dpat blur nya ??

    BalasHapus
  5. Bebas sebetulnya.Tergantung bagaimana cara kita untuk berupaya memainkan zoom range nya sehingga dapat terfokus dengan baik. Semakin dekat pun nampaknya akan semakin mudah untuk mengatur fokus sehingga terdapat efek blur.

    BalasHapus
  6. bedanya EXR sama SLR ato DSLR itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya post perbedaan nya di artikel Jenis-Jenis Kamera Digital :)

      Hapus
  7. Thanx yaa atas info nya..sangat bermanfaat sekali buat saya...sebelum nya saya sangat frustasi menggunakan fujifilm,krn blm mencobanya..akibat posting km sehingga saya skrng lebih senang menggunakan fujifilm...
    Mau tnya dunx..hehehe
    Misalkan utk efek blur selain memainkan zoom,ad lagi setting khusus gx sich???
    Makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  8. Thanx yaa atas info nya..sangat bermanfaat sekali buat saya...sebelum nya saya sangat frustasi menggunakan fujifilm,krn blm mencobanya..akibat posting km sehingga saya skrng lebih senang menggunakan fujifilm...
    Mau tnya dunx..hehehe
    Misalkan utk efek blur selain memainkan zoom,ad lagi setting khusus gx sich???
    Makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  9. Thanx yaa atas info nya..sangat bermanfaat sekali buat saya...sebelum nya saya sangat frustasi menggunakan fujifilm,krn blm mencobanya..akibat posting km sehingga saya skrng lebih senang menggunakan fujifilm...
    Mau tnya dunx..hehehe
    Misalkan utk efek blur selain memainkan zoom,ad lagi setting khusus gx sich???
    Makasih sebelum nya...

    BalasHapus
  10. mau tanya kallo pake Kamera Fujifilm ada effect Keputih2 pucet nya gak ?? kaya cannon gituh

    BalasHapus
  11. klw ntuk camera finepix S4300 tu cara ngeblurnya gmna?? mhon info bantuannya

    BalasHapus
  12. klw ntuk camera finepix S4300 tu cara ngeblurnya gmna?? mhon info bantuannya

    BalasHapus
  13. klw ntuk camera finepix S4300 tu cara ngeblurnya gmna?? mhon info bantuannya

    BalasHapus
  14. Gan, apa bedanya sama fujifilm hs55exr?

    BalasHapus
  15. Mas, penyebab foto jadi dominan warna kuning kenapa ya

    BalasHapus
  16. Mas, penyebab foto jadi dominan warna kuning kenapa ya

    BalasHapus
  17. Mas, penyebab foto jadi dominan warna kuning kenapa ya

    BalasHapus
  18. INI LENSA H25EXR saya lensa dalemnya ada sedikit debu, mau saya bongkar lensanya takut rusak. ini bisa dibuka ga ya kaca lensanya? mau bersihin kacam dalemnya itu lho.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mas cara ngatur lampu flash biar jepret sendri gimna ya untuk tipe fujifilm hs 35 exr

    BalasHapus
  21. Mas cara ngatur lampu flash biar jepret sendri gimna ya untuk tipe fujifilm hs 35 exr

    BalasHapus
  22. Gan cara setting focus auto video buat fujifilm_xm1 gimana yak.

    BalasHapus
  23. kalo fujifilm S9400w bisa ga dibikin efek blur ?

    BalasHapus
  24. kalo fujifilm S9400w bisa ga dibikin efek blur ?

    BalasHapus
  25. Fuji saya flash nya tidak nyala apa emg rusak atau settingnya?

    BalasHapus
  26. Kamera saya jika objeknya orang kok jarang bisa blur ya

    BalasHapus
  27. Pakai efek yang mana?

    BalasHapus